Jumat, 20 Februari 2015

soto betawi




dingin-dingin begini enaknya menyantap yang hangat-hangat yaaa ... dan soto betawi mungkin pilihan yang tepat untuk dinikmati saat musim hujan begini.
karena aku bukan penggemar daging, jadi mungkin soto betawinya tidak banyak daging yang kupakai tetapi justru sayurannya yang aku banyakin karena aku lebih suka menyantap sayuran daripada daging, baik daging sapi maupun daging ayam atau ikan laut.
meskipun boleh dibilang aku menghindari daging, tetapi masakan berkuah dengan lemak banyak aku justru suka, lhooo.... ?!?!?!




resep soto betawi ini aku dapatkan dari majalah Sedap karena aku tergiur dengan kuahnya yang berlemak, tetapi aku skip penggunaan babat dan lidah sapinya * berat di ongkos * hehehee....
langsung aja ke resepnya yaa...




Soto Betawi


bahan :
ketupat
300 gr daging sandung lamur
3 batang serai , memarkan
2 cm lengkuas, memarkan
10 lb daun jeruk , buang tulang daunnya
3 lb daun salam
2500 ml air
3 cm kayu manis
1 sdt pala bubuk
4 butir cengkeh
750 ml santan dari 1 butir kelapa
2 sdm garam
1 sdt merica bubuk
5 sdt gula pasir
4 sdm minyak , untuk menumis

bumbu halus :
13 butir bawang merah
8 siung bawang putih
2 cm jahe
1,5 sdm ketumbar bubuk

pelengkap :
3 batang daun bawang , iris halus
200 gr emping goreng
6 buah tomat
4 buah jeruk nipis
5 sdm bawang merah goreng

cara membuat :
rebus air dan daging sandung lamur sampai matang , lalu potong daging seukuran 2x2 cm , saring kaldunya, ambil 1500 ml (bila kurang, tambahkan air).
rebus kembali kaldu bersama daging sandung lamur , babat dan lidah sapi (jika memakai).
panaskan minyak, tumis bumbu halus, serai, lengkuas, daun jeruk, daun salam, kayu manis, pala bubukdan cengkeh sampai harum lalu tuangkan ke rebusan daging dan didihkan lagi.
masukkan santan, garam, merica bubuk dan gula pasir, masak sampai matang.
sajikan soto bersama pelengkap dan ketupat.








enjoy it ^^




Tidak ada komentar:

Posting Komentar