Senin, 16 Februari 2015

tahu acar ~ Solo





tahu acar merupakan makanan khas dari Solo tetapi bukan termasuk makanan favoritku karena setiap kali ke Solo aku hampir tidak pernah membeli tahu acar ini.
jika ke Solo naik bus, jajanan favoritku adalah tongseng buntut , sate , gule kambing tetapi setelah penjual sate kambing langgananku pindah tempat yang agak jauh dari jangkauan, hehehee.... jajanan favoritku beralih ke tahu kupat.
aku biasa membeli tahu kupat di dekat traffic light menuju ke rumah keluargaku di daerah Talang Baru Banaran tetapi sejak penjualnya pindah tempat karena kontrakannya mahal, aku beralih ke penjual tahu kupat di sepanjang jalan menuju ke pasar kembang Solo, tetapi terakhir aku menemukan penjual tahu kupat enak  tepat di pasar kembangnya tetapi mungkin beliau jualan keliling, jadi waktu aku nyari lagi sudah nggak nemu, hiiiiksss....
kemudian jajanan beralih ke tahu acar ini , meskipun jika pulang ke Semarang tetap membungkus racikan selad , heheheeee....




resep tahu acar ini aku dapat dai Sajian Sedap tetapi kuahnya aku ganti dengan air perasan jeruk nipis karena memang aku agak mengurangi pemakaian cuka masak,untuk rasa pedasnya sengaja aku langsung uleg cabe langsung di piring aja supaya praktis setelah sebelumnya cabenya aku rebus dahulu.

yang ingin resep aslinya bisa klik link di atas dan berikut resep versi Dapur Dwek yaaa...



Tahu Acar



bahan :
150 gram mi basah, cuci bersih, tiriskan
2 lembar kol, buang tengahnya, iris halus
50 gram taoge, seduh, tiriskan
4 buah tahu , goreng, potong-potong
50 gram kacang tanah goreng
1 tangkai seledri, diiris halus
2 sendok makan bawang merah goreng

bahan acar (aduk rata dan diamkan sekitar 30 menit) :
150 gram ketimun, belah dua, buang bijinya, iris tipis
1  ½ sdt gula pasir
1 sdt cuka

bahan kuah:
100 gram gula merah, disisir halus
600 ml air
2 siung bawang putih, dihaluskan
1 sendok makan kecap manis
½  sendok teh garam
2 sdt air perasan jeruk nipis

cara membuat : :
rebus air dan gula merah sampai gula larut, saring.
didihkan air gula, masukkan bawang putih, kecap manis dan garam, rebus sampai harum, tambahkan perasan air jeruk nipis, aduk rata, angkat.

penyajian:
tata mie, kol, taoge, tempe, tahu, siram kuah , tabur kacang tanah goreng, seledri dan bawang merah goreng, sajikan







enjoy it ^^



Tidak ada komentar:

Posting Komentar