Rabu, 18 Februari 2015

sweet corn pizza


kali ini bikin pizza lagi tetapi dengan resep dari teh Rina Rinso dan tanpa ulen lagi karena memang saya type orang yang malas nguleni alias repot, heheheee....
hasilnya tidak mengecewakan tetapi aku lebih suka dengan pizza tanpa ulen dari JTT mbak Endang.
kali ini toppingnya daging cincang dan aku beri jagung manis.
untuk resep toppingnya bisa dilihat disini atau resep topping favorit teman-teman, tinggal ditambahkan jagung manis saja jika suka.




 berikut aku tuliskan resep dough nya yaaa...


Sweet Corn Pizza
source : Rina Rinso
  


bahan : 
500 gr  terigu serbaguna
¼  sdt ragi instan
½  sdt garam (aslinya 2 sdt)
350 ml air

cara membuat : 
campur terigu, ragi, dan garam dalam 1 mangkok, aduk rata
masukkan air sedikit demi sedikit sambil diaduk dengan sendok kayu
bila adonan sudah rata, tutup dengan cling wrap dan biarkan sampai mengembang 2x (kurang lebih 3-4 jam)
bila sudah mengembang 2x, kempiskan adonan, bagi menjadi 4 atau sesuai selera, taburi dengan terigu dan bentuk bulat.
beri topping sesuai selera, kemudian oven dengan suhu 180-190 selama 15 menit atau sampai matang.


tips :
* adonan tidak perlu diuleni, cukup diaduk rata saja.
* saat fermentasi sangat tergantung dengan cuaca di sekitar dapur.  begitu sudah mengembang 2xkali lipat, proses fermentasi aku hentikan dan adonan pizza langsung eksekusi.
* saat membentuk adonan menjadi bundar jangan terlalu bersemangat membentuk bundar sempurna, karena kalau adonan terlalu banyak terkena tangan nanti bisa keras kalau sudah matang.
 




enjoy it ^^


Tidak ada komentar:

Posting Komentar