Kamis, 27 November 2014

sambel tumpang tahu



nggak tau kenapa koq pengen banget bikin sambel tumpang ini, padahal aku bukan termasuk pecinta sambel tumpang dan biasanya kalau dulu Ibunda masak sambel tumpang aku paling makannya cuma sekali aja, tidak sesering seperti sayur atau lauk yang aku suka.

sebenernya sambel tumpang ini enak dinikmati dengan gudangan (urap) atau mungkin juga pecel, tetapi karena waktu itu nggak sempet bikin jadi ya sudahlah dinikmati dengan nasi aja, heheheee....









resep sambel tumpang ini aku dapat dari majalah Sedap dengan penyesuaian dari Dari Dwek dan berikut aku tuliskan untuk teman-teman yang mungkin ingin membuatnya.




Sambel Tumpang Tahu


bahan :
400 gr tempe semangit, haluskan
10 buah tahu kulit kotak
1000 ml santan dari 1 butir kelapa
2 lembar daun salam
3 cm lengkuas
6 buah cabai rawit merah
6 lb daun jeruk, buang tulang daun
3/4 sdt garam
1 sdt gula merah

bumbu halus :
3 buah cabai merah besar
4 buah cabai merah keriting
5 buah cabai rawit merah
6 butir bawang merah
3 siung bawang putih
4 cm kencur

cara membuat :
rebus santan, lengkuas, cabai rawit, daun jeruk dan bumbu halus hingga mendidih
masukkan tempe, tahu dan gula merah, aduk rata.
masak sambil diaduk-aduk sampai matang dan kental.






enjoy it ^^



Tidak ada komentar:

Posting Komentar