Senin, 03 Maret 2014

marmer banana cake putih telur





beberapa waktu lalu punya stock putih telur, maka dibikinlah spongy banana cake resep dari mbak R dengan judul asli Spongy Banana Cake, cuma... hasilnya tidak sesuai dengan punya mbak R...

sepertinya sih kesalahan terletak saat mengocok putih telur karena setelah aku rasa cukup mengembang, ternyata masih belum sempurna aku mengocoknya, jadi hasil akhirnya tidak seperti cake putih telur pada umumnya...

kalau di resep mbak R, dibikin adonan putih dan coklat, sedangkan maksud hatiku awalnya ingin dibuat marmer , namun berhubung udah yakin kalau cake nya bakalan tidak sesuai harapan, jadi aku bikin marmer semi campur aja, heheheee...
meskipun cake ini tidak sukses, yang pasti rasanya enaaaakk.....




yang ingin tahu resepnya, silakan klik disini  dan berikut saya tuliskan resepyang saya pakai...



Marmer Banana Cake Putih Telur


bahan  :
200 gr putih telur
30 gr emulsifier   * dwek pakai SP *
125 gr gula pasir
sedikit saja garam

110 gr tepung terigu
20 gr susu bubuk
10 gr tepung maizena


100 gr Santan , sedang kentalnya   * dwek pakai santan instant + air *
pasta moka
pisang raja matang, lunakkan dengan garpu, kasar saja (cincang kasar kecil-kecil)
bubuk cinnamon untuk taburan

keju cheddar , parut

cara membuat :
letakkan putih telur dalam wadah baskom yang bersih, tuang ke dalamnya gula pasir dan garam halus (sedikiit saja). Kocok dengan mixer, speed tinggi, saat sudah mulai berbusa, sambil terus dikocok masukkan emulsifer, kocok lagi hingga tercampur rata emulsifernya, sambil masih terus dikocok, masukkan semua bahan kering yang sudah diayak (tepung terigu, tepung maizena, dan susu bubuk), kocok hingga mengembang dan lembut (indikasinya, adonan mengembang hampir 1 hingga hampir 2x lipat dari adonan awal dan kental ).
kecilkan speed mixer, masukkan santan cair, kocok merata, matikan mixer.
bagi adonan menjadi 2 bagian, satu adonan beri pasta moka, aduk rata.
siapkan loyang berukuran 18X18cm tinggi 10cm, atau 20X20cm tinggi 7 cm, beri alas kertas roti dan poles margarine / butter.
tuang adonan tanpa pasta (putih) ke dalam loyang, ratakan,  taburi atasnya dengan pisang cincang / yang sudah dihaluskan kasar, sisakan 2 sdm makan untuk taburan topping,
tuang adonan yang sudah diberi pasta moka , tuang pelan hingga menutupi seluruh lapisan adonan putih , taburkan pisang cincang / halus di permukaannya.
dengan menggunakan ujung sendok , celupkan ke dalam adonan , buat gerakan agak memutar sedikit ditekan dari permukaan ke bawah / dasar loyang , taburkan bubuk kayumanis / cinnamon dan keju parut di atas permukaan adonan.
panggang adonan dengan suhu sedang, sekitar 150-160 derajat celcius hingga matang/ kurang lebih 35-45 menit.
setelah matang,  keluarkan segera dari loyang, biarkan dingin suhu ruang, baru kemudian dipotong-potong dan, siap disajikan.

  * Note dari mbak R  :
- kalau suka cake yang lebih padat, tepung terigu bisa ditambahkan sekitar 30-50 gr lagi dari resep di atas.
- santan bisa diganti dengan mentega / margarin leleh, pengaruhnya nanti akan lebih ke rasa , sementara tekstur tida berubah banyak.




enjoy it ^^



Tidak ada komentar:

Posting Komentar