Jumat, 03 Oktober 2014

dawet ireng atawa cendol hitam


 


sudah cukup lama aku dapet kiriman abu merang dari mbak Diah Didi tapi belum juga sempet aku manfaatkan dan baru sekarang aku coba untuk bikin dawet ireng / hitam karena beberapa minggu belakangan ini cuaca di Semarang panas terik sehingga cucok banget kalau di siang hari menikmati es,
apapun itu jenisnya, yang penting es, hehehee....






resep dawet ireng ini aku dapatkan dari majalah Sedap dan berikut resepnya yang tentunya sudah disesuaikan dengan stock bahan di Dapur Dwek karena resep aslinya adalah cendol hijau pada umumnya yang menggunakan bahan dari daun suji dan daun pandan serta aku skip penggunaan air kapur sirihnya....



Dawet Ireng aka Cendol Hitam


bahan :
100 gr tepung beras
50 gr tepung sagu
600 ml air
50 ml air dari rendaman bubuk abu merang
1 sdt garam

bahan sirup (didihkan di atas api kecil sampai kental) :
200 gr gula jawa , sisir
2 lembar daun pandan
1/4 sdt garam
200 ml air

bahan kuah santan :
400 ml santan dari 1/2 butir kelapa
1/2 sdt garam
2 lembar daun pandan


cara membuat :
larutkan tepung beras, tepung sagu , air, air dari rendaman abu merang dan garam.
masak di atas api sambil diaduk sampai meletup-letup dan kalis.
segera tuang ke dalam cetakan cendol, tekandi atas baskom yang berisi air es sambil dogoyang-goyang , saring cendolnya.

rebus bahan kuah santan sambil diaduk sampai mendidih dan dinginkan.
sajikan cendol bersama kuah santan dan sirup... ditambah es batu aduh segarnyaaaa.....




enjoy it ^^



1 komentar:

Dewi Sulistiana mengatakan...

daridapurdwek : Terimakasih resep cendolnya kak, ini aku beri Resep Steak Tempe Enak dan Lezat... Semoga bermanfaat. Inget loh, sumbernya ya ?

Posting Komentar