Ada kesalahan di dalam gadget ini

Jumat, 19 Februari 2016

homemade tape singkong dan wedang tape






jaman dulu waktu aku masih di Sekolah Dasar atau di Sekolah Menengah Pertama, ART Ibundaku sering banget membuat tape singkong sendiri karena pada jaman itu tanah lapang masih banyak dan ditanami berbagai macam tanaman yang menghasilkan terutama ketela pohon sehingga setiap pagi selalu ada penjual ketela pohon yang lewat di depan rumah dan dagangannya dibeli Ibundaku.
tetapi jaman sekarang sepertinya sulit sekali mendapatkan penjual ketela pohon, kata penjual jajan pasar langgananku sih karena sudah jarang yang menanam ketela pohon.
Alhamdulillah aku masih mempunyai penjual tape langganan meskipun beliau berasal dari Boyolali karena mungkin di Boyolali masih ada yang menanam ketela pohon
dan aku juga masih mempunyai langganan penjual ketela di pasar , meskipun hasil panen ketela pohon jaman sekarang berbeda dengan hasil panen jaman dulu, tetapi itu tidak menyurutkan niatku untuk membuat tape sendiri karena memang keluargaku penggemar berat tape.

membuat tape sih gampang dan pasti semua bisa membuatnya.
sebaiknya ketela yang akan kita buat tape sebaiknya pilih ketela yang bagus atau tidak 'ngganyong' supaya hasil tapenya menjadi enak.

berikut cara membuat tape sendiri tetapi takarannya bisa disesuaikan saya...







Tape Singkong


bahan :
ketela pohon  atau singkong
ragi tape secukupnya , haluskan
daun pisang

cara membuat :
kupas singkong dan cuci bersih , potong-potong sesuai selera.
kukus singkong hingga empuk, angkat dan biarkan dingin.
letakkan singkong yang telah direbus di wadah yang telah dialasi daun pisang, tata yang rapi
taburkan ragi tape di atas singkong rebus hingga rata lalu tutup dengan daun pisang hingga rapat.
diamkan sekitar 2 hari, cek apakah sudah menjadi tape.






dari tape ini kita bisa membuat berbagai macam jajanan sesuai dengan selera kita, diantaranya adalah wedang tape seperti yang nampak pada gambar di bawah ini

wedang tape ini menjadi kesukaanku karena selain membuatnya mudah, juga bisa dinikmati dalam cuaca apapun, baik itu saatmusim kemarau  maupun musim hujan, tinggal kita sesuaikan dengan selera saja, mau dinikmati hangat atau dingin.
biasanya jika sedang malas untuk membuat jajanan, wedang tape ini juga menjadi hidangan berbuka puasaku, praktis membuatnya dan tidak membutuhkan biaya banyak, hehehee....

dulu aku pernah membuat wedang tape juga tetapi aku tuliskan lagi resepnya dan untuk takarannya bisa disesuaikan dengan selera kita ya...



Wedang Tape


bahan :
2-3 buah tape singkong
gula pasir secukupnya
air panas secukupnya

cara membuat :
aduk gula pasir dan air panas (jangan terlalu penuh) dalam wadah saji hingga gula larut sambil tes rasa.
masukkan tape singkong, haluskan dengan tingkat kehalusan sesuai selera , biarkan beberapa saat atau wedang tape biasa langsung dinikmati.
jika ingin dinikmati dingin, bisa disimpan di lemari pendingin terlebuh dahulu.





enjoy it ^^




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...