Senin, 22 Juli 2013

bakmi jowo campur






bakmi jowo merupakan bakmi yang legendaris sekali, gimana nggak legendaris... karena dari aku kecil sudah ada yang namanya bakmi jowo ini, apalagi jika menikmatinya ditambah dengan sate bakarnya, alamaaaaakkk.....

rasa khas dari bakmi jowo ini terletak pada bumbu, bakmi dan cara memasaknya karena bakminya tidak menggunakan bakmi telur atau bakmi yang lain, melainkan dari bakmi basah dan cara memasaknya pun tidak di atas kompor tetapi menggunakan arang dengan cara dikipasi, cuma karena seiring perkembangan jaman, sekarang masih juga dimasak menggunakan arang tetapi tidak pakai kipas sate melainkan dengan bantuan kipas angin , sedangkan bumbunya ada tambahan kemirinya, bukan cuma bawang putih dan merica saja seperti bumbu bakmi pada umumnya.....





semasa kecil, kalau orang tuaku membeli bakmi jowo di langganan kami yang bernama pak Min , aku selalu memesan bakmi goreng karena saat itu aku belum terbiasa makan bakmi rebus, namun beranjak dewasa, kalau aku beli bakmi nya pak Min dari rumah membawa tambahan tomat dan telur sendiri karena kalau beli pakai telur kan mahal, padahal di rumah ada stock telur, jadi supaya irit aku bawa telur sendiri aja, hehehe... sedangkan tomatnya karena sudah suka dengan tomat banyak, jadi nggak mungkin dong aku minta sayuran dan tomat yang banyak dengan harga normal, hahahaaaaa.....


kalau dulu aku suka bakmi jowo yang 'nyemek' atau kuahnya sedikit dengan tambahan telur, sekarang kesukaanku beralih menjadi bakmi campur.
yang dimaksud dengan bakmi campur disini adalah perpaduan antara bakmi kuning dan bihun dalam satu porsi, bukan bakmi jowo dicampur dengan yang lain lho yaaa.... heheheee....
karena pernah suatu ketika, saat aku membeli bakmi jowo ini bersama dengan teman-teman kerja dan aku memesan 'mi campur godhog akeh kecape' (mie campur rebus yang banyak kuahnya), temanku ada yang bertanya kepada penjualnya... 'pak, campur tuh maksudnya campur apa ???' doeeeennnnggggg........






berikut resep bakmi jowo ala Dapur Dwek yaaa....


Bakmi Jowo Campur
ala dapur dwek


bahan :
mie basah, cuci bersih, tiriskan
bihun, rendam air hingga empuk, tiriskan
kol, iris-iris
tomat, potong-potong
kecap manis
air kaldu
minyak goreng, untuk menumis

bumbu halus :
bawang putih
merica
kemiri
garam

pelengkap :
suwiran ayam goreng

bawang goreng

cara memasak :
panaskan minyak, kemudian tumis bumbu halus hingga harum.
masukkan bakmi dan bihun, beri air dan kecap,  aduk rata, masukkan sayuran, masak kembali hingga sayuran empuk, angkat.
taruh bakmi campur di atas piring saji, taburi dengan bahan pelengkap.

Note :
 * untuk sayuran, bisa ditambahkan sawi hijau yang dipotong-potong terlebih dahulu.
 * untuk air, bisa menyesuaikan selera kita, mau bikin yang rebus atau yang tidak terlalu berkuah (nyemek)
 * bakmi jowo ini juga bisa dinikmati dengan sate ayam yang dibakar atau tidak dibakar dahulu.

sebenernya yang aku buat itu adalah bakmi rebus tapi mungkin karena kuahnya kurang banyak jadi seperti bakmi goreng yaaaa....



dan entry bakmi jowo campur ini aku sertakan dalam challenge #11 IDFB dengan teman Noodle / Mie






2 komentar:

A. Ann mengatakan...

Kl pake arang makin yuummyyy ya Mba...makasi postingannya Mba:-)

dapur dwek mengatakan...

iya mbak Anne, cuma karena bikinnya pas puasa jadi nggak bisa bebas :)

Posting Komentar