Selasa, 09 Juli 2013

banoffee pie



bikin banoffee pie ini gara liat postingan mbak Eliza di grup IDFB dan langsung ngileerr...
apalagi baca komen dari teman-teman yang udah pernah nyobain banoffee ini yang katanya enak, langsung deh kebayang-bayang terus gimana rasanya.....

kebetulan di rumah lagi ada pisang, maka aku bikin aja sesuai dengan yang aku mau karena tidak semuanya aku bikin sesuai dengan resep dari mbak Eliza.
untuk crust-nya, seperti biasa aku pake yang no bake (cari yang nggak mau ribet :D ) dan kebetulan dapet dari blognya mbak Camelia, sedangkan untuk bahan fillingnya aku lihat di blognya mbak Hesti Syaifuddin dan untuk toppingnya... karena aku pengen yang mengandung keju juga, maka aku lihat di blognya mbak Eliza dan tentunya semua dengan penyesuaian dari Dapur Dwek yaaa....







dan berikut aku tuliskan resep versi Dapur Dwek yaaa.... 



Banoffee Pie


bahan crust (silakan klik disini)

300 gr biskuit vanilla (atau apa saja, tanpa krim) , hancurkan
150 gr mentega, cairkan

Cara membuat  :
Hancurkan biskuit dengan blender, sisihkan
Campur dengan mentega cair, aduk rata
Buat kulit pie di atas cetakan pie, ratakan dengan bagian bawah sendok (jangan terlalu di tekan, crust akan keras dan tidak bisa dipotong).
Masukkan ke freezer 20 menit sebelum digunakan  * dwek simpan di lemari es aja *


bahan fillingnya, aku menggunakan resep dari  sini  , dengan penyesuaian dari aku seperti ini :

50 g mentega
30 g palm sugar
2 sdm susu cair
200 g susu kental manis   * dwek campur antara SKM putih dan coklat karena nggak suka full susu *
2 buah pisang matang tapi tidak lembek   * dwek pakai pisang raja *
200 ml krim   * dwek tidak pakai *
½ chocolate curls atau parut   * dwek tidak pakai *

cara membuat : 
Masak mentega dengan gula hingga mentega leleh dan gula larut., didihkan dan masak selama 1 menit (dengan api kecil), sambil diaduk-aduk, angkat dari api dan tambahkan susu cair dan susu kental manis, kembalikan ke atas api dan didihkan, masak hingga 5-6 menit, diaduk-aduk hingga filling mengental dan berwarna kecoklatan.

  
untuk tambahan bahan toppingnya, aku pakai yang ini 

200 gr  kemasan cream cheese  , suhu ruang
uht cream / whip cream cair    * dwek pakai susu cair sekitar 100 ml  :D *
5 sdm gula pasir
oreo , cincang kasar 

cara membuat :
Kocok  cream cheese sampai halus menggunakan mixer, masukkan gula, kocok hingga rata.
Masukkan uht cream, kocok ratam sisihkan

penyelesaian : 
keluarkan kulit pie dari freezer, kemudian iris-iris pisang dan susun di dasar kulit pie , tuang karamel lalu dinginkan di dalam kulkas selama 2 jam selanjutnya tuang bahan filling dan taburi dengan potongan oreo.







berhubung salah baca dan mengartikan resep, maka untuk bahan toppingnya aku pakai susu cair dan hasil akhirnya tidak bisa set (ya jelas aja yaaa.... :D )
tapi menurut mbak Liza, memang bahan toppingnya itu tidak bisa set, masih cair dikit gitu.... :D
tapi asliiiiiii..... enak banget deeeeeeeehhhh dan bikin nagiiih.....   ^_^



Tidak ada komentar:

Posting Komentar