Kamis, 11 Juli 2013

bolu kambu



seperti biasa pulang kerja lewat pasar Peterongan bagian belakang, awalnya bingung juga koq lewat pasar, padahal nggak ada yang mau dibeli sama sekali, tapi berhubung motornya udah belok ke arah pasar, ya udah deh... ngikut aja :D

nggak taunya sewaktu lagi beli tape, datanglah seorang penjual ikan dengan membawa nampan lebar yang berisi 2 ekor bandeng, 1/5 kg udang dan 2 ekor ikan gurame yang langsung menyodorkan semuanya kepadaku dengan menyuruh membayar Rp. 20.000,- untuk semuanya....
bingung mau dimasak apa, awalnya aku menolak tetapi setelah dipaksa, ya udahlah aku beli, yang penting masuk kulkas dulu baru dipikir mau dimasak apa :D





biasanya untuk olahan bandeng, aku selalu membuat otak-orak bandeng, namun kali ini pengen ganti yang lain dan akhirnya untuk ikan bandengnya aku masaklah bolu kambu yang resepnya aku lihat di blognya mbak Hesti Syaifudin

cekidot langsung ke resepnya aja yaaa....


Bolu Kambu
source : kalender tabloid Saji via Hesti HH



Bahan :
2 ekor ikan bandeng (1000 gr) 
100 gr kelapa parut kasar, sangrai, haluskan
1 ½   sdm air asam jawa, dilarutkan dalam 2 sdm air
½  sdm garam
½  sdt gula pasir 
2 butir telur
minyak untuk menggoreng

Bumbu halus :
1 sdt ketumbar sangrai
1 batang sereh, ambil putihnya , goreng
1 cm lengkuas, goreng
5 butir bawang merah, goreng
2 siung bawang putih, goreng
½  sdt merica bubuk

Cara membuat :
Bersihkan ikan, pukul-pukul badan ikan, keluarkan tulang ikan dan dagingnya.
Kukus daging ikan di atas api sedang 15 menit sampai matang, bersihkan durinya, haluskan. 
Campur daging ikan, bumbu halus, kelapa sangrai, telur, air asam, garam dan gula pasir sampai rata.
Masukkan ke dalam kulit ikan sambil dipadatkan.
Celupkan ke dalam telur, goreng dengan api panas sedang sampai matang dan keemasan, angkat dan sajikan.
 





versi dwek :
duri ikan aku bersihkan terlebih dahulu sebelum dikukus.
setelah daging ikan dicampur dengan semua adonan dan dimasukkan ke dalam kulit ikan, kemudian ikan aku kukus untuk mematangkan ikannya, baru aku celupkan ke dalam kocokan telur untuk digoreng hingga matang.
karena dengan cara itu, ikan yang berisi adonan bisa kita simpan di kulkas untuk tidak digoreng semuanya atau digoreng seperlunya saja.
mungkin akan pengaruh di rasa yaaa..... ^_^




Tidak ada komentar:

Posting Komentar