Kamis, 25 Juli 2013

es kacang ijo



satu lagi jajanan yang dulunya suka aku beli, yaitu es kacang ijo (kacang hijau)....
di daerahku, kalau beli es kacang hijau dan bubur ketan hitam ini selalu diberi campuran sirup, susu kental manis dan potongan roti tawar, enak deh....

berhubung sekarang udah sering masuk dapur, jadi sekarang udah jarang beli es kacang ijo lagi, kecuali kalau lagi nggak punya stock kacang ijo :D






untuk membuat bubur kacang ijonya sih menurut selera saja karena biasanya ada yang berkuah banyakm namun ada juga yang tanpa kuah, jadi seperti bubur gitu...
kalau yang aku buat ini sih ada kuahnya, jadi biar seger menikmatinya.....
tapi aku nggak pake bubur ketan hitam karena nggak punya ketan hitam, kalau beli takutnya ketuker dengan ketan hitam pakan burung, heheheheeeeee......


cheki-cheki es kacang ijo  ala Dapur Dwek yaaa....






Es Kacang Ijo


bahan :
kacang hijau, cuci bersih dan tiriskan
gula jawa
gula pasir
sedikit garam 
daun pandan
santan kental   * dwek biasanya pake 1 gelas *
santan cair (sisa dari perasan santan kental)

bahan pelengkap :
roti tawar, sobek-sobek
susu kental manis (mau putih atau coklat suka-suka aja)
sirup merah
es batu, kepruk

cara membuat :
masak santan cair , daun pandan dan kacang hijau hingga kacang hijau empuk dan pecah-pecah,  kemudian masukkan sedikit garam, gula jawa dan gula pasir, aduk-aduk.
lalu tuangkan santan kental sambil diaduk hingga merata, jangan lupa tes rasa.
jika rasa sudah sesuai dengan selera, masak kembali hingga mendidih dan matikan api.
penyajian :
taruh kacang hijau di dalam gelas saji atau mangkuk, beri es keprukan es batu dan potongan roti tawar serta siram dengan sirup dan susu kental manis secukupnya.





 dan es kacang ijo ini bisa menjadi salah satu alternatif untuk berbuka puasa ^_^



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...