Jumat, 18 Oktober 2013

bakpao isi coklat



baru kali ini aku bikin bakpao, itupun karena untuk memenuhi monthly event #27 di Pawon Ibu sebuah grup kuliner di facebook yang kuikut dimana temanya adalah aneka bakpao.




aku dan keluargaku seneng banget sama bakpao terutama yang isinya coklat.
kalau jajan di penjual jajanan keliling atau penjual bolang baling keliling pasti aku beli bakpao, meskipun cuma bakpao kampung, meskipun bentuknya tidak bisa 'mblenuk' seperti bakpao yang harganya mahal,tapi aku suka sekali, ngangeni deh pokoknya kalau lama nggak makan bakpao kampung , hhhhmmmm......  :D




 
selain belajar untuk membuat bakpao sendiri, sekaligus juga untuk memenuhi monthly event tersebut, akhirnya aku sempatkan untuk membuat bakpao sendiri, dimana resepnya aku ambil dari Sajian Sedap, tetapi isi yang aku gunakan adalah meises coklat, bukan isi kacang ijo seperti di resep karena terus terang aja males ribet :D

cekidot langsung ke resepnya aja yaaa....






Bakpao Isi Coklat
resep asli dari Sajian Sedap



bahan A :
300 gram tepung terigu protein sedang
1  ½ sendok teh ragi instan
2 sendok teh gula pasir
270 ml air

bahan B :
250 gram gula pasir
50 gram susu bubuk
4 sendok teh baking powder

bahan C:
800 gram tepung terigu protein tinggi
60 gram mentega putih
330 ml air

bahan isi  :
meisis secukupnya.
cara membuat :
aduk bahan A sampai kalis, diamkan 30 menit.
tambahkan bahan B, uleni sampai rata.
tambahkan bahan C, uleni sampai elastic, diamkan 30 menit.
Kempiskan adonan., timbang 20 gram, bulatkan, diamkan 10 menit.
Pipihkan adonan, tambahkan isi, bentuk bulat, letakkan di kertas roti, diamkan 20 menit.
kukus 5 menit dengan api sedang.








Tidak ada komentar:

Posting Komentar