Senin, 14 Oktober 2013

pastel renyah



setelah sempat membuat pastel basah dan pastel kering beberapa waktu lalu, maka saatnya mencoba membuat pastel dengan aneka ressp kulit, salah satu diantaranya adalah pastel renyah ini.

resep pastel renyah ini aku dapat dari mbak R yang ternyata memang kulitnya renyah sekali seperti kulit cookies, sehingga agak cukup banyak remahannya, tapi overall enak koq...





untuk kulitnya aku menggunakan resep dari mbak R, sedangkan untuk isiannya aku menggunakan ragout bisa seperti yang untuk isian risoles.

berikut resepnya yang aku dapet dari mbak R yang didapat dari mindysdeli tapi sepertinya blognya udah nggak ada....



Pastel Renyah


Bahan kulit
350 gr Tepung protein rendah (kunci bogasari)
sedikit garam
80 gr Margarin
100 cc Air, didihkan, biarkan panas
75 cc Minyak Goreng

Cara membuat :
 Masukkan margarin dalam air panas, aduk-aduk hingga margarin larut / leleh, beri garam, aduk dan masukkan minyak goreng, aduk rata, biarkan agak dingin, hangat saja, masukkan bahan cair  ke dalam tepung terigu, aduk-aduk dengan spatula atau sendok, tuang bahan cair bertahap sambil diaduk, hentikan bila adonan sudah kalis, tidak lengket di tangan, diamkan sejenak adonan.
 
Penyelesaian :
Ambil segumpal bagian adonan, gilas tipis, bentuk bulat, beri adonan isian, tangkupkan kulitnya, tekan-tekan bagian pinggiran kulit pastel, pilin-pilin rapi, lakukan hingga adonan dan isian habis.
goreng dengan api sedang panasnya, hingga matang, angkat pastel,  tiriskan.

TIPS :
 * Untuk kulitnya, kalau bisa jangan terlalu diuleni , cuma diaduk-aduk merata saja,  langsung gilas tipis, harus tipis, jangan takut robek pas digoreng, asalkan tidak ada lobang /robekan pd kulitnya saat mengisi adonan isian.
  * saat menggoreng, tipsnya, jangan hanya digoreng dibolak-balik saja, tapi itu pastel begitu masuk minyak langsung disiram-siram juga dengan minyak gorengnya saat masuk, jadi dia akan langsung menggembung cantik.




aku agak kurang suka dengan kulit pastel yang ini, mungkin karena terlalu renyah seperti cookies yaaa...
aku lebih suka dengan kulit pastel yang seperti biasa aja alias kulit pastel klasik ^^

karena aku kurang telatan membuat pastel, jadi pilinan yang aku buat tidaklah rapi, asal dipilin aja yang penting jadi pastel :D
jangan ditiru ya....




happy baking moms ^_^


Tidak ada komentar:

Posting Komentar