Fish

Rabu, 27 Juni 2012

kolak waluh (labu kuning)








waluh yang dalam bahasa Indonesia-nya sama dengan labu kuning ini enak banget jika dimasak kolak dan nggak tau kenapa aku suka sekali dengan kolak waluh atau labu kuning dibandingkan dengan kolak pisang,meksipun sama-sama suka tapi aku lebih suka kolak waluh ini.
apa karena kalau makan kolak waluh ini bisa asyik sambil nyisipin bijinya seperti kalau kita makan kwaci yaaa... nggak tau juga deh, pokoknya suka aja :)







dulu... waktu nganterin Ibunda 'nyadran' ke daerah Juwana sana, pulangnya selalu mampir ke pasar Juwana dan tiap kali ada waluh aku selalu beli karena waktu itu aku jarang sekali ke pasar, jadi aku bela-belain beli waluh dari Juwana dengan naik bus umum, hehehheee... 
tapi sekarang setelah aku sering dan suka banget keluar masuk pasar, aku beli waluhnya di Semarang aja atau di pasar deket rumah.


beberapa waktu lalu aku dikasih waluh sama tetangga yang kebetulan punya pohonnya dan kalau punya waluh, aku pasti bikin kolak, jarang aku masak selain kolak, nggak tau kenap, udah jatuh cinta kali yaaa.... :)







berikut kolak waluh yang biasa aku bikin yaaa....










Kolak waluh (labu kuning)
ala dwek

bahan :
waluh / labu kuning
air secukupnya
1 gelas santan kental
garam
gula jawa
gula pasir
daun pandan

cara membuat :
kupas labu kuning, potong kotak-kotak selanjutnya cuci bersih dan tiriskan.
masak air bersama garam, gula jawa, gula pasir dan daun pandan hingga mendidih.
jika air telah mendidih, masukkan potongan labu kuning , kemudian masak hingga waluh / labu kuning agak lunak. 
selanjutnya masukkan santan kental, aduk-aduk hingga mendidih kembali , matikan api , angkat dan kolak labu kuningpun siap untuk dinikmati.

lebih nikmat jika disajikan dingin.






setiap bulan Romadhon tiba, aku selalu menyempatkan untuk memasak kolak waluh kesukaanku ini untuk buka puasa.

suueeegeeeeerrrr... rasanya jika berbuka puasa dengan kolak waluh yang dingin....  :)




1 komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...