Selasa, 27 Agustus 2024

Nasi Langgi





Salah satu olahan hidangan Nusantara yang cukup terkenal adalah Nasi Langgi. 

Nasi Langgi merupakan nasi khas dari daerah Solo , Yogyakarta dan sekitarnya , tetapi konon nasi Langgi ini berasal dari Jember dan sudah ada sejak jaman penjajahan. 
Untuk rasa nasi Langgi dari Solo dan sekitarnya cenderung manis, sesuai dengan lidah orang Solo dan Yogyakarta, sedangkan nasi Langgi dari Jember rasanya 'sedep,' perpaduan rasa manis dan gurih yang seimbang (source : Wikipedia).

Saat ini tidak banyak rumah makan yang menyajikan menu nasi Langgi ini terutama di daerah luar Solo dan Yogya , jadi menu nasi Langgi ini kurang dikenal lagi ... (Cmiiw)

Sepiring Nasi Langgi dilengkapi dengan lauk yang mirip dengan lauk nasi kuning, seperti dadar telur (dadar rawis) , klengkam atau kering kentang , kering (orek) tempe , terik daging, serundeng , sambel goreng , perkedel kentang dan mentimun atau mungkin ada juga yang menggantinya dengan acar kuning. 

Sedangkan nasi untuk nasi Langgi dapat menggunakan nasi biasa atau dapat berupa nasi gurih , yaitu beras yang dimasak dengan santan, garam dan daun salam sehingga terasa gurih. 



 

Kali ini saya membuat nasi Langgi sebagai nasi box untuk acara selamatan 1 tahun berpulangnya suami tercinta, Al Fatikhah untuk habibikuuuh ... 🤲 

Untuk isian atau lauk dari nasi box nya cukup komplit, yaitu nasi putih , telur dadar rawis, serundeng daging, kering tempe, kering kentang, ayam bumbu pedas , perkedel kentang, mentimun dan kerupuk dan masih ada tambahan snack juga.

Sengaja saya tidak menggunakan terik daging dan sambal goreng , tetapi saya menggantinya dengan serundeng daging dan paha ayam pedas dengan pertimbangan kedua lauk tersebut sudah bisa tergantikan dan juga menghemat waktu dan tenaga, heheheee ...






Untuk resep dari masing-masing lauknya, teman-teman bisa menggunakan resep andalan teman-teman, tetapi saya akan menuliskan resep ayam pedasnya. Oya, untuk takaran bahan bisa disesuaikan dengan selera masing-masing yaa ... 😊



Ayam Pedas


Bahan :
5 ekor paha bawah ayam .
2 ruas sereh, geprek
2 gelas air
2 sdm minyak goreng atau margarin

Bumbu halus :
10 siung bawang merah
3 buah bawang putih
20 buah cabai merah 
2 buah tomat merah
Garam secukupnya

Cara membuat :
Tumis bumbu halus hingga wangi, tambahkan sereh, aduk rata.
Masukkan paha ayam, aduk rata sebentar.
Tambahkan air, masak hingga matang dan air menyusut, tes rasa, angkat.






Nasi Langgi termasuk salah satu dari berbagai ragam kuliner di Nusantara, sehingga sudah sepantasnya untuk kita kenalkan kembali dan lestarikan sebagai masakan khas Nusantara.

Dan dalam rangka HUT RI yang ke-79 ini , Indonesian Food Blogger (IDFB) , sebuah Komunitas Food Blogger Indonesia mengadakan event mengenai 'Olahan Hidangan Nusantara Menyambut Hari Kemerdekaan,' yang bertujuan untuk menumbuhkan, mengembangkan dan menyebarkan keragaman kuliner Nusantara, dan tulisan ini saya posting untuk mengikuti event tersebut karena sudah lama blog tidak aktif , hiatus yang berkepanjangan, heheheee ... 
Semoga dengan adanya blog challenge dari IDFB ini kuliner Indonesia akan semakin dikenal luas. 


Enjoy it ...  ^^



Tidak ada komentar:

Posting Komentar